You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
       DKI Petakan Strategi Komunikasi Pengelolaan Sampah Bantaran Sungai
.
photo Punto Likmiardi - Beritajakarta.id

DKI Petakan Strategi Komunikasi Pengelolaan Sampah Bantaran Sungai

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta melakukan pemetaan strategi komunikasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah, khususnya di bantaran sungai.

Sampah sudah menjadi permasalahan seluruh warga Jakarta dan kami memerlukan bantuan kerja sama dari seluruh pemangku kepentingan

Kepala Dinas Kominfotik DKI Jakarta, Dian Ekowati mengatakan, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam mengatasi permasalahan sampah. Masyarakat dan stake holder lainnya harus ikut berpartisipasi.

"Sampah sudah menjadi permasalahan seluruh warga Jakarta dan kami memerlukan bantuan kerja sama dari seluruh pemangku kepentingan," ujarnya di Kantor Kelurahan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (22/9).

Pemkab Tanah Laut Belajar Pengolahan Sampah di Jakbar

Ia pun meminta peran serta media massa untuk ikut mensosialisasikan warga agar tidak membuang sampah sembarangan, khususnya di badan sungai. Sosialisasi melalui media massa dinilai cara paling ampuh.

"Melalui media kami menyuarakan pentingnya perubahan perilaku masyarakat untuk tidak menjadikan kali sebagai tempat sampah," katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta pada 2016 lalu, volume sampah yang diangkut dari badan sungai, waduk, danau, dan situ mencapai 90-220 ton per hari. Dari angka tersebut 90 persennya berasal dari sampah rumah tangga dan pasar.

Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede menambahkan pihaknya memerlukan partisipasi dari pengurus RT/RW untuk mengingatkan warganya agar tidak membuang sampah ke badan sungai.

"Tidak hanya pembersihan oleh petugas, tapi perilaku masyarakat juga menjadi fokus kami ke depan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Transjakarta Uji Coba Layanan 'Open Top Tour of Jakarta'

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1576 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kolaborasi Transjakarta - Telkomsel Tingkatkan Pelayanan bagi Pelanggan

    access_time19-12-2024 remove_red_eye1548 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Halte Simpang Pramuka dan Rawamangun Ditutup, Transjakarta Lakukan Penyesuaian Layanan

    access_time18-12-2024 remove_red_eye1146 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kadishub Tegaskan Tidak Ada Penghapusan Layanan Transjakarta Setelah MRT Fase 2A Selesai

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1107 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Semarak Christmas Carol di Jakarta Sambut Natal

    access_time18-12-2024 remove_red_eye1069 personDessy Suciati